Coretan Mini dari Perbatasan Papua (Part 1)

Papua itu indah akan alamnya, laut hutan masih asri dipandang mata.
Papua itu ramah akan orangnya, senyum dan sapaan jika bertemu sudah membudaya.
Papua itu tak menentu cuacanya, kadang terang kadang hujan lagi.
Papua itu punya cerita bagi pendatang, cerita kami berawal di salah satu pesisir Papua, Kampung Sabar Miokre, Distrik Supiori Barat.
       Kami adalah tim nusantara sehat yang ditugaskan di Daerah Perbatasan Terpencil dan Kepulauan. Misi kami yaitu menjadikan masyarakat yang sehat dan memiliki akses pelayanan kesehatan yang mudah serta menjadikan generasi Distrik Supiori Barat menjadi anak yang memiliki impian yang tinggi melalui program yang akan kami jalankan. 
     Hari pertama, kami disambut dengan baik oleh kepala Puskesmas Sabar Miokre, ibu Ruhaya. Beliau memberi support untuk kami dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat. Satu kata yang tidak pernah kami lupa yaitu beliau mengatakan ikhlas dalam melayani itu merupakan pondasi utama untuk tetap memberikan yang terbaik bagi masyarakat.
       Hari kedua, kami berkenalan dengan tenaga kesehatan di Puskesmas. Ada kak evelin (perawat gigi), kak Debora(analis kesehatan), kak katty(bagian registrasi), kak reni(bidan). Senyuman mereka membuat kami betah di sini dan dalam beberapa hari beradaptasi dengan pegawai puskesmas. Hari pertama kerja memang melelahkan, banyak pasien sehingga kami membantu dalam pelayanan tersebut. Setiap hari di puskesmas kami pasti dapat pasien dengan gejala trias malaria (demam, menggigil, dan berkeringat)dan rata-rata mereka semua positif. Papua Endemis Malaria, salah satunya di wilayah kerja Puskesmas Sabar Miokre. Kami nusantara sehat berkewajiban untuk membantu masyarakat untuk menurunkan angka kesakitan, malaria. Ayo Gotong Royong Berantas Malaria. 
Ini video kami sewaktu jalan-jalan di desa Waryei, Distrik Supiori Barat, Kab. Supiori, Provinsi Papua

To be continue…





4 comments:

Setiawan Mangando said...

Mantap kak... Semangat utk perjuangan d pedalaman Indonesia..

Setiawan Mangando said...

Kunjungi blog sya... www.mangandosetiawan.com

Setiawan Mangando said...

Mantap kak... Semangat utk perjuangan d pedalaman Indonesia..

Unknown said...

Semangat juga kakak,, mumpung masih muda jiwa perjuangan masih membara hehheehe,, udah sya kunjungin, kren juga blog kakak..