8 Manfaat Jus Semangka

Manfaat Jus Semangka – Setelah melakukan aktivitas seharian untuk menghilangkan dahaga dan menambah stamina setiap orang pasti ingin mengkonsumsi makanan atau minuman yang menyegarkan. Buah semangka biasanya banyak dipilih sebagai pelepas dahaga setelah beraktivitas. Pasalnya, buah ini mempunyai kandungan kadar air yang cukup banyak sehingga dapat memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

           Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah semangka juga dapat diolah menjadi aneka minuman yang menyegarkan, seperti jus semangka. Di balik rasa jus semangka yang manis dan menyegarkan, ternyata terdapat kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam jus semangka terdiri atas, serat, protein, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya.

           Semua kandungan nutrisi tersebut dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, untuk lebih jelasnya simak informasi berikut ini tentang manfaat jus semangka. Inilah manfaat jus semangka bagi kesehatan tubuh, beberapa diantaranya dikutip dari andasehat.com.

8 Manfaat Jus Semangka
  1. Menjaga Kesehatan Jantung. Menjalankan pola hidup yang kurang sehat biasanya akan membuat seseorang mengalami resiko terkena penyakit jantung. Agar terhindar dari masalah tersebut, tubuh harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan kinerja organ-organ tubuh termasuk jantung. Salah satu minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar jantung tetap sehat adalah jus semangka. Pasalnya, di dalam jus ini terdapat kandungan nutrisi dan senyawa yang dapat meningkatkan kinerja jantung menjadi optimal.
  2. Menyehatkan Tulang. Jus semangka mempunyai kandungan mineral berupa kalium dan kalsium. Kedua kandungan nutrisi tersebut berfungsi untuk mempertahankan kepadatan tulang, menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis, sehingga tulang menjadi sehat.
  3. Sumber Antioksidan Alami. Di dalam jus semangka terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan tersebut juga mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit dan dapat membuat kulit terlihat awet muda. 
  4. Mencegah Dehidrasi. Seperti apa yang sudah diketahui sebelumnya, jus semangka merupakan minuman yang menyegarkan karena di dalamnya terdapat kadar air tinggi dan terdapat kandungan mineral hingga 90%. Dengan demikian, jus semangka dapat dikonsumsi untuk menghilangkan dahaga dan dapat mencegah dehidrasi.
  5. Penambah Energi. Di dalam jus semangka terdapat kandungan karbohidrat yang terdiri atas serat pangan. Dengan adanya kandungan tersebut membuat jus semangka banyak dikonsumsi sebagai minuman penambah energi atau penambah stamina.
  6. Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat di dalamnya juga mempunyai kemampuan untuk menyehatkan organ pencernaan, sehingga sistem pencernaan menjadi lancar dan terhindar dari berbagai masalah, seperti sembelit, susah buang air besar hingga wasir.
  7. Mencegah Sariawan. Sariawan merupakan gangguan penyakit ringan yang disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Di dalam jus semangka terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi, jika mengkonsumsinya secara teratur maka dapat mencegah terjadinya sariawan.
  8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.Zat antioksidan yang terdapat jus semangka terdiri atas perpaduan antara vitamin C dan flavonoid. Kandungan zat antioksidan yang terdapat di dalamnya berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar dari gangguan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, kuman maupun virus.
        Semua manfaat tersebut bisa didapatkan apabila mengkonsumsi jus mangga secara teratur dalam jumlah yang tidak berlebihan. Selain memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, jus semangka juga dapat dikonsumsi sebagai minuman diet sehat karena di dalamnya terdapat kadar gula dan kalori dalam porsi rendah. Cara pembuatannya pun juga cukup mudah untuk dilakukan, yaitu dengan memotong daging buah semangka berukuran kecil, masukkan ke dalam blander dan tuangkan ke dalam gelas. Untuk mendapatkan sensasi rasa ketika dikonsumsi, bisa ditambahkan dengan susu atau campuran buah lainnya.

       Agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal dianjurkan untuk tidak menambahkan jus semangka dengan gula. Pasalnya, di dalam jus semangka sudah terdapat kandungan gula alami yang dapat memberikan rasa manis saat dikonsumsi. Memberikan gula tambahan pada jus semangka justru dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah



0 comments: